Thursday, March 21, 2019

Pentingnya Air Bagi Kita Semua


Pentingnya Air Bagi Kita Semua


Tanggal 22 Maret telah kita ketahui sebagai peringatan Hari Air  Sedunia. Banyak sekali aksi-aksi untuk memperingatinya. Kita ketahui juga bahwa 70% bagian bumi merupakan air, baik itu fresh water maupun air laut. Bagian terbesarnya yaitu dari air lautnya yang hampir mendominasi. Hari Air ini merupakan perayaan tahunan mengenai pentingnya air bagi kehidupan dan meningkatkan kesadaran diri kita untuk mengelola sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan. Di belahan bumi yang lain, seperti di India dan negara-negara kawasan Afrika, masih banyak saudara-saudara kita yang kesulitan mendapatkan akses terhadap air bersih dan 1.8 juta orang di seluruh dunia terpaksa harus mengkonsumsi air yang terkontaminasi oleh feses (kotoran manusia) dengan dibuat menjadi air minum atau untuk kebutuhan sehari-harinya. 

Krisis air bersih adalah krisis yang paling mencekik kaum yang kurang mampu. Banyak yang beranggapan bahwa kemiskinan membuat mereka tidak sanggup membeli air. Ironisnya dalam kondisi tersebut, orang miskin justru membayar jauh lebih mahal ketimbang orang kaya untuk menikmati air. Indonesia ternyata juga masuk daftar negara dengan penduduk terbanyak yang tidak bisa mengakses air bersih versi Wateraid (2016). Negara kita berada di peringkat ke-6 dari 10 negara. Ada sekitar 32 juta orang di Indonesia hidup tanpa air bersih. Dalam pernyataan dari PBB berbunyi, "Kerusakan ekosistem mempengaruhi kuantitas dan kualitas air yang tersedia untuk konsumsi manusia". Maka dari itu, mari kita mulai dari diri kita sendirdalam kepedulian tentang air bersih yang ada di lingkungan sekitar kita dengan cara melakukan hal-hal yang sederhana seperti :

1.      Tidak membuang buang air, gunakan air secukupnya untuk mandi, mencuci dan lain-lain
2.      Tidak membuang sampah sembarangan ke dlam sungai-sungai maupun tempat yang lainny
3.      Jangan sering menggunakan atau meminum air dari botol kemasan plastik lebih baik membawa tempat minum sendiri agar menekan penggunaan sampah plastik dan mengurangi pencemaran di lingkungannya.
4.      Mengembalikan fungsi ekosistem sebagaimana mestinya, seperti reboisasi pada hutan-hutan yang gundul serta menciptakan sungai yang bersih dari pencemaran.






No comments:

Post a Comment

MONITORING LINGKUNGAN PANTAI TIRANG SEMARANG 2022

  Pantai Tirang   merupakan salah satu pantai di Semarang, tepatnya di Desa Tambakrejo, Tugurejo, Tugu, Kota Semarang.  Pantai Tirang sendir...