Sunday, March 31, 2019

DIVISI KEILMUAN COASTAL AND FISHERIES COMMUNITY


DIVISI  KEILMUAN COASTAL AND FISHERIES COMMUNITY


Program Kerja



1.            Monitoring Lingkungan



          Melakukan kegiatan monitoring lingkungan alam pesisir dengan melakukan kegiatan marine debris yang dilakukan disekitar waktu terjadinya bulan purnama, karena terjadinya air pasang tertinggi pada saat itu dan diharapkan bisa mendapatkan sampah yang optimal. Montoring lingkungan ini dilakukan dengan memilah setiap jenis sampah yang didapat kemudian ditimbang pada setiap jenis sampahnya serta dilakukan pendataan mengenai hasil kegiatan tersebut. Kegiatan ini berlangsung secara rutin dan berkala guna mengetahui bagaimana perkembangan kondisi pesisir. Monitoring dilakukan oleh seluruh anggota Coastal and Fisheries Community (C.Fish) di Pantai Tirang, Semarang.

              



2.            Kajian Rutin



          Kajian Rutin merupakan kegiatan diskusi bersama oleh seluruh anggota Coastal and Fisheries Community (C.Fish) dalam membahas hasil kegiatan marine de bris yang telah dilakukan dalam program kerja Monitoring Lingkungan secara berkala oleh anggota Coastal and Fisheries Community (C.Fish).  Kajian Rutin dilaksanakan dengan diskusi yang dipimpin oleh pembicara yang ahli dibidang marine de bris sehingga anggota Coastal and Fisheries Community (C.Fish) mampu serta mengetahui bagaimana proses terjadinya sampah yang terbawa oleh laut setrta memahami dan belajar bagaimana kondisi alam pesisir saat ini dari perkembangan lingkungan pesisir dengan menganalisis setiap sjenis sampah yang ditemukan dari hasil kegiatan marine debris secara berkala.





3.            Coastal Clean Up



          Coastal Clean Up merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melihat, melakukan monitoring dan turun langsung untuk menjaga lingkungan pesisir dari pencemaran. Kegiatan ini berisi bersih-bersih pesisir dan diskusi mengenai kondisi pesisir. Kegiatan ini juga bertujuan mengenalkan potensi-potensi ekosistem seperti terumbu karang, mangrove dan lamun yang terdapat di pesisir kepada mahasiswa Departemen Sumberdaya Akuatik. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa  yang ingin mengenal dan melihat secara langsung bagaimana kekayaan alam pesisir serta masalah dan solusi tepat mengenai pesisir.





4.            Pelatihan SIG



          Pelatihan Sistem Informasi merupakan kegiatan yang berisi pengenalan dan memberikan pelatihan pengaplikasian Sistem Informasi Geografis dalam bidanang perikanan dan ilmu kelautan. Pada tahun ini pelatihan SIG yang diadakan oleh Coastal and Fisheries Community (C.Fish) yaitu dengan menganalisis tumpahan minyak dengan mengadakan seminar serta pelathan dalam pengaplikasian sistem informasi geografis tersebut. Pelatihan ini bertujuan untuk menambah wawasan mengenai penginderaan jauh dan penggunaannya dalam bidang perikanan dan ilmu kelautan, memberikan wawasan mengenai pentingnya peduli pencemaran tumpahan minyak yang terjadi di laut serta memberikan pelatihan dasar sistem informasi geografis dalam menganalisis tumpahan minyak di laut.





5.            Hari Momentum



Hari Momentum merupakan peringatan terhadap hari besar yang berkaitan dengan lingkungan.  Hari yang diperingati antara lain hari air, hari bumi dan hari pohon. Kegiatan yang akan dilakukan yaitu melakukan gerakan untuk membawa botol minum guna memberikan kesadaran akan pentingnya menghemat air serta mengurangi sampah plastik, diskusi ilmiah  mengenai kondisi pesisir saat ini serta melakukan open donasi bibit mangrove yang nantinya hasil donasi tersebut akan dilakukan penanaman mangrove di Tambak Rejo, Semarang.





6.            Pelatihan PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa)



          Pelatihan PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mempersiapkan Mahasiswa Departemen Sumberdaya Akuatik menghadapi PIMNAS 2019. Dalam kegiatan ini mahasiswa akan dipandu oleh pembimbing yang berpengalaman dibidang PKM baik itu juri, pembimbing PIMNAS maupun Juara PIMNAS. Pelatihan PKM dilakukan dua kali dengan penyusunan pembuatan PKM.




No comments:

Post a Comment

MONITORING LINGKUNGAN PANTAI TIRANG SEMARANG 2022

  Pantai Tirang   merupakan salah satu pantai di Semarang, tepatnya di Desa Tambakrejo, Tugurejo, Tugu, Kota Semarang.  Pantai Tirang sendir...